Selasa, 04 Desember 2012

Tulisan Peranan Pemuda dalam Pembangunan Negeri



Pemuda sering disebut sebagai alat motivator atau penggerak  di dalam suatu wilayah maupun daerah, Oleh karena itu tak mengherankan jika peranan pemuda sanagt diperlukan untuk kemajuan bangsa kita.

“  Masa depan bangsa ada di tangan pemuda” , Ungkapan ini memiliki semangat konstruktif bagi pembangunan dan perubahan. Pemuda tidak selalu identik dengan kekerasan dan anarkisme tetapi daya pikir revolusionernya yang menjadi kekuatan utama. Sebab, dalam mengubah tatanan lama budaya bangsa dibutuhkan pola pikir terbaru, muda dan segar. 

Perkembangan pemikiran pemuda Indonesia mulai terekam jejaknya sejak tahun 1908 dan berlangsung hingga sekarang. Periodisasinya dibagi menjadi 6 (enam) periode mulai dari periode Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi 1945, Aksi Tritura 1966, periode 1967-1998 (Orde Baru). 

Contoh nya pemuda mempunyai tekad yang kuat untuk memenuhi keperluannya, seperti halnya Jend. Soedirman, seorang pemuda yang mempunyai keinginan yang kuat untuk dapat melawan penjajahan yang dilakukan oleh Belanda di Indonesia ini. Beliau sangat gigih dalam berjuang, dan memiliki kepiawaian dalam membentuk taktik yang ditujukan untuk menjatuhkan lawan, inilah yang membuat seorang pemuda yang bernama Soedirman ini diangkat dan diakui kemampuannya untuk menjadi Jenderal dalam suatu kesatuan pasukan pembela tanah air Indonesia.

Periode awal yaitu Kebangkitan Nasional tahun 1908, ditandai dengan berdirinya Budi Utomo yang merupakan organisasi priyayi Jawa pada 20 mei 1908. Pada periode ini, pemuda Indonesia mulai mengadopsi pemikiran-pemikiran Barat yang sedang booming pada saat itu. Pemikiran-pemikiran tersebut antara lain adalah Sosialisme, Marxisme, Liberalisme, dll. Pengaruh pemikiran ini terhadap pemikiran pemuda saat itu tergambar jelas pada ideologi dari sebagian besar organisasi pergerakan yang mengadopsi pemikiran Barat serta model gerakan yang mereka pakai. Dari beberapa gerakan yang terekam dalam sejarah Indonesia, salah satu yang paling diminati adalah model gerakan radikal. Salah satu gerakan radikal yang terbesar pada saat itu adalah Pemberontakan PKI tahun 1926. Pemberontakan ini merupakan percobaan revolusi pertama di Hindia antara 1925-1926. Selain mengadopsi pemikiran Barat, para pemuda di masa itu juga menerapkan esensi dari kebudayaan Jawa, Islam, dan konsep kedaerahan lainnya sebagai pegangan (ideologi). 

Periode berikutnya, Sumpah Pemuda 1928, ditandai dengan Kongres Pemuda pada bulan Oktober 1928. Peristiwa ini merupakan pernyataan pengakuan atas 3 hal yaitu, satu tanah air; Indonesia, satu bangsa; Indonesia, dan satu bahasa; Indonesia. Dari peristiwa ini dapat kita gambarkan bahwa pemikiran pemuda Indonesia pada masa ini mencerminkan keyakinan di dalam diri mereka bahwa mereka adalah orang Indonesia dan semangat perjuangan mereka dilandasi oleh semangat persatuan. 

Dengan melihat perkembangan pemikiran pemuda dari tahun 1908-1998, kita dapat merefleksi sekaligus bercermin dari semangat perubahan yang mereka lakukan. Semangat pembaruan yang lahir dari pemikiran mereka merupakan buah dari kerja keras dan disiplin. Sebagai penerus tongkat estafet perjuangan yang menjadi simbol kemajuan suatu bangsa, kita wajib meneladani semangat dan idealisme mereka agar kelak lahir Soekarno-Soekarno baru, Soe Hok Gie-Soe Hok Gie baru, serta pemikir-pemikir baru yang memiliki pola pikir baru, kreatif dan segar. 

Banyak peristiwa sejarah yang pernah dilakukan para pemuda Indonesia sebelum kemerdekaan, contohnya adalah ikrar Soempah Pemoeda yang dilakukan para pemuda untuk dapat mengakui tanah air, bangsa, serta bahasa Indonesia yang kini menjadi pedomen bagi para pemuda untuk dapat menjadi pedoman dalam bernegara. Peristiwa itu terjadi tanggal 28 oktober 1928 yang meruoakan hasil keputusan Kongres Pemuda II.

Masa muda adalah masa yang penuh dengan ujian dan cobaan, jika kita berhasil melewati itu semua, kita akan menjadi pemuda yang dapat menggapai cita-cita kita dengan senyuman dan dapat berguna bagi Nusa dan bangsa khususnya orang-orang yang selalu bersama kita.

Sumber-sumber terkait :
http:/www.vivaborneo.com

http://lkpk.org/info

Epaper.Kompas.

annabelle.aumars.perso.sfr.fr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar