ISD Sebagai Salah Satu MKDU
A.
Latar Belakang
Mata Kuliah Dasar Umum atau (MKDU)
merupakan pendidikan dasar dan menengah yang menjadi bagian pendukung dari
sebuah mata kuliah utama yang peranannya sangat diperlukan untuk meningkat ke
tingkat yang lebih tinggi. Mata Kuliah Dasar Umum ini dibentuk dengan tujuan
untuk meningkatkan taqwa kepada ALLAH yang Maha ESA, menigkatkan kecerdasan,
kepandaian dan lain sebagainya.
Mata kuliah dasar umum ini memiliki
banyak macamnya, salah satunya Ilmu Sosial Dasar (ISD) yang menjadi bagian
terpenting dari sebuah MKDU karena dengan mata kuliah tersebut seseorang dapat
mengerti lebih dalam tentang kehidupan di dalam bermasyarakat maupun bernegara.
B.
Pengertian ISD ( Ilmu Sosial Dasar )
dan IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial )
Istilah ilmu
sosial menurut Ralf Dahrendorf, seorang ahli sosiolog Jerman dan penulis
buku Class and Class Conflict in Industrial Society yang dikenal
sebagai pencetus Teori Konflik Non-Marxis, merupakan suatu konsep yang ambisius
untuk mendefinisikan seperangkat disiplin akademik yang memberikan perhatian
pada aspek-aspek kemasyarakatan manusia.
Somantri (Sapriya:2008:9)
menyatakan IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora
serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah
dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu
Pengetahuan Sosial saling berkaitan karena kedua ilmu ini sama-sama mempelajari
tentang kehidupan sosial di dalam bermasyarakat yang baik dan benar.
C.
Tujuan ISD ( Ilmu Sosial Dasar
) dan IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial )
ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) dan IPS (
Ilmu Pengetahuan Sosial ) memiliki tujuan yang berbeda di dalam materinya,
adapun tujuan tersebut adalah :
Tujuan ISD
·
Membantu perkembangan pola pikir
mahasiswa
·
Berkepribadian baik
·
Memperoleh wawasan yang lebih luas
·
Menyadari dan memahami berbagai
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada didalam
masyarakat .
·
Peka dan tanggap tehadap
masalah-masalah sosial yang timbul didalam masyarakat dan ikut serta dalam
usaha-usaha menggulangi masalah tersebut .
·
Sadar akan setiap masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya
secara kritis dan interdisipliner .g. Memahani dibidang ilmu pengetahuan lain
dan dapat berkomunikasi guna menanggulangi masalah sosial yang timbul didalam
masyarakat
Tujuan IPS
Secara hirarki, tujuan pendidikan
nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap
jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini
secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran
pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS.
Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.
pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS.
Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.
Sub bahasan ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS. Tujuan kurikuler IPS
yang harus dicapai
sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:
·
membekali peserta didik dengan
pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat;
·
membekali peserta didik dengan
kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan
masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat
·
membekali peserta didik dengan
kemampuan berkomunikasi dengan
sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta
berbagai keahlian;
sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta
berbagai keahlian;
·
membekali peserta didik dengan
kesadaran, sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan
hidup yang menjadi bagian
kehidupannya yang tidak terpisahkan; dan
kehidupannya yang tidak terpisahkan; dan
·
membekali peserta didik dengan
kemampuan mengembangkan
pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan,
perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.
pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan,
perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.
Kelima tujuan di atas harus dicapai
dalam pelaksanaan kurikulum IPS di berbagai lembaga pendidikan dengan keluasan,
kedalaman dan bobot yang sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan yang
dilaksanakan.
D.
ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) dan IPS (
Ilmu Pengetahuan Sosial )
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu
Pengetahuan Sosial keduanya sama-sama mendalami tentang kesosialan di dalam
masyarakat maupun dalam memberikan kejelasan tentang macam-macam bentuk ilmu
sosial. ISD dan IPS memiliki kesamaan dan perbedaan, diantaranya :
PERSAMAAN :
· Merupakan
bahan studi untuk kepentingan program studi pendidikan / pengajaran
· Masing-masing
sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri
· Mempunyai
Materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
PERBEDAAN :
· Ilmu Sosial
Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial
diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
· Ilmu Sosial
Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
· Ilmu Sosial
Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu
Pengatuhuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan
intelektual.
E. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8
Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka
ruang lingkup perkuliahan Ilmu
Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
F.
Kesimpulan dan Saran
Jadi, Ilmu Sosial Dasar itu sangat
diperlukan agar seseorang maupun siswa dapat mengerti arti
sosial, masalah sosial, serta
berkehidupan dengan cara sosialisasi. Diharapkan juga dengan adanya
ilmu sosial dasar ini, hidup di
dalam bermasyarakat menjadi lebih indah, nyaman, tenang dan damai.
Sumber - sumber terkait :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar