SKRIPSI, TESIS, DISERTASI
Pengertian
A.Skripsi
Skripsi adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi
syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Bobotnya 6 satuan kredit semster (SKS)
dan dalam pengerjakannya dibantu dosen pembimbing. Dosen pembimbing berperan
‘mengawal’ dari awal sampai akhir hingga mahasiswa mampu mengerjakan dan
mempertahankannya pada ujian skripsi.
Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain.
Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan
penelitian langsung; observasi lapanagn atau penelitian di laboratorium, atau
studi kepustakaan. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi
ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.
B.Tesis
Tesis adalah jenis karya ilmiah yang bobot ilmiahnya lebih dalam
dan tajam dibandingkan skripsi. Ditulis untuk menyelesaikan pendidikan
pascasarjana. Mahasiswa melakukan penelitian mandiri, menguji satu atau lebih
hipotesis dalam mengungkapkan ‘pengetahuan baru’.
Tesis atau Master Thesis ditulis bersandar pada metodologi; metodologi
penelitian dan metodologi penulisan. Standarnya digantungkan pada institusi,
terutama pembimbing. Dengan bantuan pembimbing, mahasiswa merencanakan
(masalah), melaksanakan; menggunakan instrumen, mengumpulkan dan menjajikan
data, menganalisis, sampai mengambil kesimpulan dan rekomendasi.
Dalam penulisannya dituntut kemampuan dalam menggunakan istilah
tehnis; dari istilah sampai tabel, dari abstrak sampai bibliografi. Artinya,
kemampuan mandiri —sekalipun dipandu dosen pembimbing— menjadi hal sangat
mendasar. Sekalipun pada dasarnya sama dengan skripsi, tesis lebih dalam,
tajam, dan dilakukan mandiri.
C.Disertasi
Pencapaian gelar akademik tertinggi adalah predikat Doktor. Gelar
Doktor (Ph.D) dimungkinkan manakala mahasiswa (S3) telah mempertahankan
disertasi dihadapan Dewan Penguji Disertasi yang terdiri dari profesor
atau Doktor dibidang masing-masing. Disertasi ditulis berdasarkan penemuan
(keilmuan) orisinil dimana penulis mengemukan dalil yang dibuktikan berdasarkan
data dan fakta valid dengan analisis terinci.
Disertasi atau Ph.D Thesis ditulis berdasarkan metodolologi
penelitian yang mengandung filosofi keilmuan yang tinggi. Mahahisiswa (S3)
harus mampu (tanpa bimbingan) menentukan masalah, berkemampuan berpikikir
abstrak serta menyelesaikan masalah praktis. Disertasi memuat penemuan-penemuan
baru, pandangan baru yang filosofis, tehnik atau metode baru tentang sesuatu
sebagai cerminan pengembangan ilmu yang dikaji dalam taraf yang tinggi.
No
|
Aspek
|
Skripsi
|
Tesis
|
Disertasi
|
1
|
Jenjang
|
S1 (Rendah)
|
S2 (Menengah)
|
S3 (Tinggi)
|
2
|
Permasalahan
|
Dapat
diangkat dari pengalaman empirik, tidak mendalam
|
Diangkat
dari pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat mendalam
|
Diangkat
dari kajian teoritik yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
|
3
|
Kemandirian Penulis
|
60%
peran penulis, 40% pembimbing
|
80%
peran penulis, 20% pembimbing
|
90%
peran penulis, 10% pembimbing
|
4
|
Bobot Ilmiah
|
Rendah
– sedang
|
Sedang
– tinggi. Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang
ada
|
Tinggi,
Tertinggi dibidang akademik. Diwajibkan mencari terobosan dan
teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
|
5
|
Pemaparan
|
Dominan
deskriptif
|
Deskriptif
dan Analitis
|
Dominan
analitis
|
6
|
Model Analisis
|
Rendah
– sedang
|
Sedang
– tinggi
|
Tinggi
|
7
|
Jumlah Rumusan Masalah
|
Sekitar
1-2
|
Minimal
3
|
Lebih
dari 3
|
8
|
Metode / Uji Statik
|
Biasanya
memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1
pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat,
run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi,
Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll
|
Biasanya
memakai uji Kualitatif lanjut / regresi ganda, atau
korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data
panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis,
ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis,
SEM
|
Sama
dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari
terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
|
9
|
Jenjang Pembimbing / Penguji
|
Minimal
Magister
Copy and WIN |
Minimal
Doktor dan Magister yang berpengalaman
|
Minimal
Profesor dan Doktor yang berpengalaman
|
10
|
Orisinalitas Penelitian
|
Bisa
replika penelitian orang lain, tempat kasus berbeda
|
Mengutamakan
orisinalitas
|
Harus
orisinil
|
11
|
Penemuan Hal-Hal Baru
|
Tidak
Harus
|
Diutamakan
|
Diharuskan
|
12
|
Publikasi Penelitian
|
Kampus
Internal dan disarankan nasional
|
Minimal
Nasional
|
Nasional
dan Internasional
|
13
|
Jumlah Rujukan/Daftar Pustaka
|
Minimal
20
|
Minimal
40
|
Minimal
60
|
14
|
Metode
/ Program statistik yang biasa digunakan
|
Kualitatif
/ Manual, Excel, SPSS dll
|
Kualitatif
lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
|
Kualitatif
lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
|
Contoh
Skripsi, Tesis, Disertasi
Skripsi
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan akselerasi, kelincahan dan daya tahan
dengan keterampilan bermain bulutangkis siswa putra SMA Negeri I Baturetno.
Penelitian ini merupakan penelitian
korelasi, menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri I Baturetno
berjumlah 20 Orang. Sedangkan instrument yang digunakan untuk akselerasi
adalah tes 20 meter ssatuannya detik, tes kelincahan diukur dengan shuttle run
selama 60 detik satuannya frekuensi, daya tahan diukur dengan tes lari 2400
meter satuannya menit. Keterampilan bermain bulutangkis diukur dengan sistem
setengah kompetisi satuannya angka. Data dianalisis dengan rumus korelasi
product moment. Sebelumnya data dianalisis perlu diadakan pengujian
persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji
hipotesis. Uji normalitas data menggunakan chi kuadrat (X2), menggunakan
program SPS adisi Sutrissno Hadi. Untuk menguji linieritas data, digunakan
teknik analisis variansi terhadap gari regresi dan uji hipotesis menggunakan
analisis regresi. Setelah uji normalitas menghasilkan normal dan uji
linieritas menghasilkan data yang linier.
|
Tesis
Sulasmiyati,
Tri. 2007. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Guru terhadap
Proses Pembelajaran di SMP Negeri Kota Semarang. Tesis. Program Studi
Manajemen Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing:
I. Prof.Soelistia,M.L.,Ph.D , II. Prof. DR.Rusdarti.
Kata Kunci: motivasi, kompetensi profesional, dan
pembelajaran
Studi dalam
penelitian ini mengenai pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional
guru terhadap proses pembelajaran di SMP Negeri di Kota Semarang. Masalah
yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Seberapa besar pengaruh
motivasi kerja terhadap proses pembelajaran di SMP Negeri Kota Semarang, (2)
Seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap proses
pembelajaran di SMP Negeri Kota Semarang,dan (3) Seberapa besar pengaruh
motivasi kerja dan kompetensi profesional guru terhadap proses pembelajaran
di SMP Negeri Kota Semarang.
|
Disertasi
Hubungan Kecerdasan
Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Gaya Kepemimpinan
Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Kinerja Sekolah pada Pendidikan
Menengah Di Kota Gorontalo
Abd. Kadim Masaong
Abstrak
Manusia merupakan mahluk ciptaan Allah Swt yang
paling mulia dan sempurna. Kemuliaan dan kesempurnaan itu ditandai dengan
dikaruniainya otak dan akal untuk menjalankan fungsinya sebagai pemimpin.
Otak manusia terbagi atas tiga aspek, yaitu cortex cerebri, system limbic dan
lobus temporal. Cortex cerebri berfungsi mengatur kecerdasan intelektual,
system limbic berfungsi mengatur kecerdasan emosional dan lobus temporal
berfungsi mengatur kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan ini dapat
berfungsi secara bersinerji dan dapat pula berfungsi secara terpisah sehingga
berdampak pada bervariasinya gaya kepemimpinan kepala sekolah. Bervariasinya
gaya kepemimpinan kepala sekolah, berpengaruh pula terhadap iklim dan kinerja
sekolah.
|
Sumber-sumber
Terkait :
Agung Wahyudi Biantoro, Metode Penelitian Ekonomi
Islam, 2009, diolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar